Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Tematik Kelas 2 Tema 5 Pdf


Buku Tematik Kelas 2 Tema 5 Pdf

soal di buku tematik kelas 5 tema 6 hal 49

1. soal di buku tematik kelas 5 tema 6 hal 49


1:berbeda

2:A

3:B

4:karena A airnya lebih dikit


2. kunci jawaban buku tematik tema 2 kelas 5 halaman 54 subtema 2​


Bacaan "Kuldesak Lantaran Jerebu" merupakan bacaan yang terdapat pada buku tema 2 kelas 5. Arti dari kata "kuldesak" adalah jalan buntu. Arti kata "lantaran" adalah karena. Sedangkan arti "jerebu" adalah kabut asap. Jadi, arti keseluruhan dari bacaan tesebut adalah "jalan buntu yang disebabkan oleh kabut asap".

Pembahasan

Dari bacaan “Kuldesak Lantaran Jerebu” di atas, buatlah pertanyaan dengan kata tanya apa, siapa, di mana, bagaimana, dan mengapa. Kemudian tuliskan jawaban dari pertanyaan tersebut.

Kata tanya mengapa.

1. Mengapa langkah meninggalkan Riau sementara waktu dianggap tepat?

Jawaban: Langkah meninggalkan Riau sementara waktu dianggap tepat karena angin membawa asap kebakaran dari Sumatra Selatan dan Jambi ke Riau.

2. Mengapa Asep memboyong keluarganya keluar kota?

Jawaban: Asep memboyong keluarganya keluar kota karena ia mengkhawatirkan kesehatan dua anaknya yang masih kecil.

3. Mengapa asap kebakaran berbahaya bagi tubuh manusia?

Jawaban: Asap pembakaran berbahaya bagi tubuh manusia karena mengandung partikel kimia yang tak cocok bagi tubuh manusia.

4. Mengapa jumlah pengidap gangguan pernapasan tinggi di Riau?

Jawaban: Jumlah pengidap gangguan pernapasan tinggi di Riau karena Dinas Kesehatan mencatat ada 26 ribu lebih pengidap infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), 3.000 lebih penderita iritasi mata dan kulit, 1.200 penderita asma, serta 500 pengidap pneumonia.

Pelajari lebih lanjut

Kata tanya siapa pada bacaan Kuldesak Lantaran Jerebu pada https://brainly.co.id/tugas/17343561

Kata tanya di mana pada bacaan Kuldesak Lantaran Jerebu pada https://brainly.co.id/tugas/17156559

Kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana pada bacaan Kuldesak Lantaran Jerebu pada https://brainly.co.id/tugas/23746568

Kata tanya apa pada bacaan Kuldesak Lantaran Jerebu pada https://brainly.co.id/tugas/32148822

Kata tanya bagaimana pada bacaan Kuldesak Lantaran Jerebu pada https://brainly.co.id/tugas/31477834

---------------------------------

Detail Jawaban

Kelas: V

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: Udara Bersih bagi Kesehatan (tema 2)

Kode: 5.1.2

#JaidRankingSatu


3. buku tematik kelas 2 sd tema 2 hal 2 bagaimana jawabanya


mana soal nya bro macam mana mau jalwabmaksudnyaaaaaaaaaaaaaa

4. kunci jawaban buku tematik kelas 5 tema 5 halaman 172 ​


Penjelasan:

Suatu hari, saat jam istirahat di sebuah sekolah di Jakarta. “Jangan buang

sampah sembarangan, Nita!” seru Luna saat melihat Nita, sahabatnya,

membuang bungkus kudapan di taman depan sekolah.

“Kenapa?” sahut Nita cuek.

“Kata ayah dan ibuku, jika setiap orang buang sampah sembarangan, itu bisa

mencemari lingkungan,” terang Luna.

Luna kemudian berjongkok memungut bungkus kudapan yang baru dibuang

Nita. Sampah itu lantas ia masukkan ke dalam tas kresek yang baru saja ia

ambil dari saku roknya.

“Eh, buat apa bungkus kudapan itu, Luna?” tanya Nita heran.

“Kalau mau tahu, nanti sepulang sekolah kamu ikut aku, oke?” ujar Luna seraya

mengajak Nita masuk kelas karena bel sekolah telah berbunyi.

***

“Wah! Bagus-bagus sekali tas dan dompetnya!” seru Nita takjub saat melihat

tas dan dompet beraneka warna yang terbuat dari anyaman plastik bekas

bungkus permen, kudapan, deterjen, dan benda lainnya.

“Makanya, Dik. Kalau di rumah punya sampah plastik dan kertas, bawa saja ke

sini. Jangan dibuang, ya,” kata Bu Yeti, pemilik rumah tempat penampungan

sampah.

“Iya, Bu,” ujar Nita.

Setelah pulang sekolah, Nita memang diajak Luna mampir ke rumah Bu Yeti

yang tak begitu jauh dari sekolah. Di rumah yang diberi nama “Bank Sampah”

tersebut, Bu Yeti mengajak para tetangganya agar tidak membuang sampah

secara sembarangan. Bu Yeti meminta mereka untuk menyetorkan sampah

berupa plastik dan bungkus yang telah dibersihkan kepadanya. Ternyata,

sampah-sampah itu dimanfaatkan Bu Yeti untuk membuat bermacam suvenir

yang sangat menarik dan bernilai seni. Suvenir atau cindera mata itu antara

lain berupa tas, dompet, tempat bolpoin, dan lain-lain.

“Oh, jadi tadi pagi kamu mengumpulkan bungkus kudapan di sekolah untuk

disetorkan ke sini, Luna?” tanya Nita pada Luna.

Luna mengangguk dan tersenyum.

“Oh, iya. Kalian mau tidak, Ibu ajari untuk membuat tas, dompet, maupun

pernak-pernik kerajinan tangan lainnya dari bahan sampah plastik?” ujar Bu

Yeti.

Luna dan Nita saling berpandangan sejenak, lalu menjawab serempak dengan

senang. “Mau..., mau, Bu!”

“Kalau mau, ya, sudah besok sepulang sekolah, kalian bisa datang lagi ke sini.

Tetapi, minta izin dahulu, ya, pada orang tua kalian. Jangan lupa juga bawa

sampah-sampah plastik sebagai bahan utama kerajinan tangan yang akan

kalian buat,” lanjut Bu Yeti.

Luna dan Nita pun saling tersenyum. Mereka berdua gembira karena bakal mempunyai kegiatan baru yang menyenangkan, yaitu mendaur ulang sampah menjadi benda-benda yang menarik dan bisa bermanfaat. Mereka juga bisa turut berpartisipasi menyelamatkan lingkungan.

A. Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan bacaan tersebut!

1Siapakah tokoh utama pada cerita tersebut?

Jawaban ✔️ :

tokoh utama pada cerita tersebut yaitu luna dan nita.

2 Permasalahan apakah yang timbul pada cerita tersebut?

Jawaban ✔️ :

permasalahan yang timbul dari cerita ialah tentang nita membuang sampah sembarangan.

3Bagaimanakah pemecahan masalah berdasarkan cerita tersebut?

Jawaban ✔️ :

pemecahan masalah yaitu dengan luna menegur nita agar tidak membuang sampah sembarangan dan membawa nita ke bank sampah untuk melihat kerajinan dari sampah.

4Pesan apakah yang dapat kamu petik dari cerita tersebut?

Jawaban ✔️ :

pesan yang dapat dipetik dari cerita tersebut adalah kita tidak boleh membuang sampah sembarangan karena dapat menyebabkan bencana alam dan mencemari lingkungan.


5. apakah agama yang mereka anut?dalam buku tematik kelas 5 hal 24tema 3​


Jawaban:

Agama yang dianut mereka beragam

Jawaban:

maaf ya

Penjelasan:

ada gambarnya gak ya ??


6. Buatlh karangan Dari Buku tematik kelas 1 Tema 2​


Jawaban:

siswa kelas 1 SD Mutiara sedang melakukan out bon di sana ada beberapa mainan yaitu petosotan flying fox dan meniti kayu semua siswa sangat senang bermain di sana


7. kata kunci buku tematik tema 5 kelas 5 pembelajaran 4 hal 124​


Jawaban:

ini aku cari di google

Penjelasan:

bener g?

maap klo salah

klo benar jadikan jawaban tercerdas


8. apa manfaat yang kamu dapatkan dari buku tematik kelas 6 tema 5 subtema 2 pembelajaran 6​


Jawaban:

Manfaat:

Dapat belajar dari situ, menambah wawasan anak anak,terpercaya

Penjelasan:

Semoga membantu komen aja ya dek


9. kata tanya siapa buku tematik kelas 5 halaman 88 tema 2 3 nomor​


Jawaban:

Maaf pertanyaan kurang jelas kack

Jawaban:

sorry pertayaan gw salah


10. tolong kerjakan buku paket kelas 5 tematik tema 8 hal 84​


Berikut ini adat istiadat yang berasal dari daerah orang tuaku.

Tumpengan = Ulang Tahun = Maknanya adalah bersyukur kepada Tuhan atas usia yang diberikan.7 Bulanan = Untuk orang hamil = Maknanya untuk melakukan selamatan atas bayi yang masih dalam kandungan yang telah masuk usia 7 bulan.Upacara Sekaten = Memperingati hari lahirnya nabi Muhammad SAW = Maknanya adalah bentuk rasa hormat masyarakat jawa terhadap Nabi Muhammad yang telah menyebarkan agama islam.Upacara Kenduren = Acara makan bersama = Maknanya sebagai rasa syukur kepada Allah.Siraman = Acara Memandikan pengantin = Maknanya sebagai salah satu ritual adat untuk para pengantin wanita agar tampak bersih dan harum sebelum menikah.Pembahasan

Adat merupakan suatu yang tidak akan dapat dipisahkan dari budaya Indonesia, setiap daerah memiliki adat istiadat tersendiri dalam melaksanakan atau melakukan suatu kegiatan.

Adat-istiadat ini terkadang dianggap suatu yang kuno, karena moderinisasi sudah ada dimana-mana, akan tetapi melestarikan suatu budaya bangsa yang merupakan ciri khas dari negara kita merupakan kewajiban bagi kita agar kita tidak kehilangan identitas diri.

Budaya inilah yang dapat kita jual sebagai sesuatu yang menarik dan dapat menarik perhatian banyak wisatawan asing, seperti di bali, banyak sekali budaya yang dapat dijadikan atraksi untuk menarik perhatian turis untuk datang, melihat atau mungkin ikut menjadi bagian dari upacara-upacara adat yang diselenggarakan tersebut.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang keragaman budaya Indonesia brainly.co.id/tugas/12690592

2. Materi tentang cara-cara menghormati budaya bangsa https://brainly.co.id/tugas/9417312

3. Materi tentang cara memelihara dan melestarikan budaya daerah https://brainly.co.id/tugas/2660825

----------------------

Detil Jawaban

Kelas : V ( 5 SD)

Mapel : Ilmu Sosial

Bab : Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia

Kode : 5.10.3

Kata Kunci : Budaya, Adat-Istiadat.


11. jawaban buku tematik hal 33 sampai 34 tema 6 kelas 5​


Jawabannya :

1. Konvensi, Ratifikasi, Identitas, Diskriminasi, Eksploitasi

2. Berikut hak anak :

- Hak kelangsungan hidup

- Hak perlindungan

- Hak tumbuh kembang

- Hak berpartisipasi

3. Tandailah centang  ( √ ) hak - hak yg sudah kamu dapatkan

Contoh :

- Hak kelangsungan hidup  ( √ )

#semogamembantu


12. Jawaban buku Tematik kelas 2, tema 2 Hal 172-173​


Jawaban:

Bagaimana hasil terkaanmu tadi?

Apakah sesuai dengan teks percakapan yang kamu baca?

Apa saja tanda baca yang digunakan dalam teks yang kamu baca?

Jawaban: Tanda baca titik, koma, tanda kutip, tanda tanya dan tanda seru.

Benarkah penggunaan tanda bacanya?

Jawaban: Benar

Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan isi teks percakapan!

1. Bagaimana perasaan siswa ketika sampai di pantai?

Jawaban: Sangat senang

2. Siapa yang ingin bermain layang-layang?

Jawaban: Beni

3. Apa yang ingin dilakukan Lani?

Jawaban: Menulis-nulis di pasir

4. Apa yang ditanyakan Bu Guru kepada siswa?

Jawaban: Benda-benda yang ada di pantai

5. Apa saja benda yang ada di pantai?

Jawaban: Kapal, pancingan, keranjang ikan, jaring, pelampung, sampan, pasir, batu, air, kerang, balon dan layang-layang

soalnya ada lima kan


13. buku tematik kelas 5 tema 1 sub tema 3 pembelajaran 1te


tentang hujan fungsi air bagi kehidupan,persamaan matematika,dan hujan asam

14. buku tematik kelas 6 tema 2 halaman 28​


Jawaban:

Tidak membedakan bedakan teman berdasarkan suku, bangsa, dan agama

Penjelasan:

SEMOGA MEMBANTU ^_^


15. kunci jawaban buku tematik tema 1 kelas 5 halaman 59​


Jawaban:

mana bukunya dek?

Penjelasan:

lain kali kalo nanya disertai soal ya


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Buku Tematik Kelas 2 Tema 5 Pdf"