Pemetaan Kd Kelas 4 Semester 1
Latihan penilaian tengah semester ganjil kelas 2 sd kd 3.1
1. Latihan penilaian tengah semester ganjil kelas 2 sd kd 3.1
Jawaban:
soalnyaa mana yaaa? bisa ditulis ulang?
2. cari kd dan indikator 3.1 & 4.1 SMK jurusan akomodasi perhotelan kelas 10 semester 1 pliss bantuyah
maksudnya cari gimana? kok ada kd & indikator segala?
3. Biologi Kelas 10 Semester 2 Kd 3.8 Tentang Kingdom Plantae Dijawab yaa..Makasih
Nama kedua tumbuhan tersebut adalah suplir dan paku ekor kuda. Kedua tumbuhan tersebut termasuk kelas paku sejati dan Equisetinae. Perbedaan kedua tanaman tersebut pada jenis spora. Bagian X adalah protalium, Y adalah sperma dan Z adalah ovum. Reproduksi selain spora dapat dengan fragmentasi.
PembahasanTumbuhan paku (Pteridophyta) adalah tumbuhan Sporophyta yaitu tumbuhan yang berkembangbiak dengan spora (aseksual).
Tumbuhan paku memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1. Selnya bersifat eukariotik yaitu terdapat membran inti.
2. Pada dinding selnya mengandung selulosa.
3. Merupakan tumbuhan kormophyta (kormus) karena dapat dibedakan akar, batang dan daun sejati.
4. Memiliki pembuluh angkut xilem dan floem (tracheophyta).
5. Berkembangbiak dengan spora.
6. Mengalami pergiliran keturunan (metagenesis) dari fase gametofit ke fase sporofit.
7. Daun muda menggulung.
Tumbuhan paku mengalami pergiliran keturunan dari fase seksual dan fase aseksual yang disebut dengan metagenesis. Pada metagenesis terdiri dari fase gametofit dan fase sporofit.
Berikut ini penjelasan mengenai masing-masing fase:
A. Fase gametofit
Spora yang jatuh ditempat yang lembab akan berkembang menjadi protalium. Protalium memiliki masa hidup yang sangat singkat dan memiliki ukuran kecil.
Fase gametofit pada tumbuhan paku adalah protalium. Fase gametofit adalah fase seksual pada tumbuhan paku dan berlangsung sangat singkat. Protalium bersifat haploid terbentuk melalui pembelahan mitosis dari spora. Protalium menghasilkan sel gamet jantan dan betina. Hasil pembuahan sel gamet jantan dan betina akan menghasilkan zigot diploid (2n) yang akan berkembang menjadi tumbuhan paku (2n). Selanjutnya tumbuhan paku akan berkembang menjadi tumbuhan sporofit.
B. Fase sporofit
Fase sporofit tumbuhan paku adalah pada tumbuhan paku dewasa. Tumbuhan paku berkembang dari embrio hasil pembuahan gamet jantan dan betina. Pada tumbuhan paku bersifat diploid (2n). Pada tumbuhan paku terbentuk sporofil yaitu daun berspora. Spora-spora tersebut terbentuk melalui pembelahan meiois sehingga spora yang dihasilkan bersifat haploid (n). Spora tumbuhan paku dilindungi oleh kotak spora yaitu sporangium, sementara indusium merupakan pelindung sporangium. Spora-spora ini terletak di permukaan bawah daun yang berkelompok disebut sorus.
Berikut ini bagan metagenesis pada tumbuhan paku:
Spora ---> protalium ---> anteridium (alat kelamin jantan) dan arkegonium (alat kelamin betina) ---> sperma (gamet jantan) dan ovum (gamet betina) ---> zigot ---> tumbuhan paku ---> sporofil (daun berspora) ---> sporogonium ---> sporangium ---> spora.
Berdasarkan jenis spora yang dihasilkan tumbuhan paku dapat dibedakan sebagai berikut:
1. Tumbuhan paku homospora
Tumbuhan paku yang menghasilkan spora dengan bentuk, ukuran dan jenisnya sama.
Contohnya adalah Lycopodium clavatum ( Paku kawat )
2. Tumbuhan paku Heterospora
Tumbuhan paku yang menghasilkan spora dengan bentuk, ukuran dan jenisnya berbeda.
Contohnya adalah Marsilea crenata (semanggi) dan Selaginella (Paku rane)
3. Tumbuhan paku peralihan
Tumbuhan paku yang menghasilkan spora dengan bentuk, ukuran sama tetapi jenisnya berbeda.
Contohnya adalah Paku ekor kuda(Equisetum debile)
Tumbuhan paku dikelompokkan menjadi 3 kelas yaitu:
1. Equisetinae (Paku Ekor Kuda)
Paku ekor kuda dapat ditemukan khususnya di tempat-tempat yang lembab. Batangnya bercabang, beruas-ruas, berkarang dan mengandung zat kersik. Tumbuhan ini dapat dijadikan sebagai bahan penggosok. Contohnya Equisetum debile.
2. Filicinae (Paku Sejati)
Tumbuhan paku sejati merupakan kelompok tumbuhan paku yang sering dijumpai karena dijadikan tanaman hias. Contohnya adalah suplir (Adiantum cuneatum), simbar menjangan (Platycerium coronatium), dan paku sarang burung (Asplenium nidus). Tumbuhan tersebut biasa hidup di tempat yang lembap dan sedikit berair. Daunnya lebar dan tulang daunnya dapat dilihat dengan jelas. Selain itu, tidak ada perbedaan bentuk daun antara daun fertil (brespora) dan daun steril (tidak berspora).
3. Hydropteridales (Paku Air)
Paku air merupakan tumbuhan paku yang hidup di air. Contohnya adalah Salvinia natans dan Marsilea crenata (semanggi). Paku tersebut berada pada habitat yang beda dari jenis paku lainnya, yaitu daratan yang penuh dengan genangan air, misalnya pada persawahan.
Pelajari lebih lanjut1. peranan sporofit dan gametofit: https://brainly.co.id/tugas/14401296
2. perbedaan tumbuhan paku dan lumut: https://brainly.co.id/tugas/2244892
3. pembagian spermatophyta berdasar tempat: https://brainly.co.id/tugas/14392588
Detil jawabanKelas: 10
Mapel: Biologi
Bab: Plantae
Kode: 10.4.8
Kata kunci: tumbuhan paku, jenis tumbuhan paku, metagenesis paku, reproduksi paku
4. ulangan harian 3 tema 2 Selalu Berhemat Energi subtema 3 energi alternatif kelas 4 semester 1 PPKn KD 3.2 halaman 92 jawaban romawi 2 adalah 1-10
Jawaban:
no 1 2 3 4
maaf kalau sala
5. Jawaban+dari+soal+ayo+kita+menalar+halaman+150+buku+matematika+kelas+7+semester+2+kd+7.4
Jawaban:
jawaban dari soal matematika kelas 7 semester 2 halaman 50 kd
6. PPKn ( KD. 2. 1 )1. Bagaimana memelihara tanaman di sekitar kita?2. Bagaimana memelihara lingkungan alam?PPKn ( KD. 3. 1 )3. Mengapa kita perlu menjaga lingkungan alam Indonesia?Bantu jawab, besok dikumpulin:((PPKn Kelas 3 Tema 8 Subtema 4 Uji Pembelajaran 6 Semester Genap
Jawaban:
1. dengan cara memberi minum atau disiram atau dipupuk.
2. dengan cara tidak mencemarinya dan melestarikannya.
PPKn
3. agar tidak punah atau rusak.
Jawaban:
1.dengan cara menyiramnya setiap pagi dan sore
2.tidak membuang sampah di sungai ataupun sembarangan
3.untuk kenyamanan bersama
Penjelasan:
semoga membantu
7. tugas matematika KD 1 kelas 8
Jawaban:
Tentukan suku ke 30 dari barisan tingkat 2 berikut 5, 12,21,32,45
8. SBDP KD 3.110. Media yang digunakan untuk menggambar teknik finger painting adalah....160Kelas I Semester 1Tema 2, Kegemaranku
Jawaban:
media yang di gunakan biasanya adalah kertas, karton atau kaca.
Penjelasan:
semoga membantu
9. Tolong Jawab Evaluasi KD.36 Bahasa Inggris Kelas 7 Semester 2 Halaman 22
Jawaban:
no 3. C
no 4. A
no 5. D
no 6. B
no 7. C
no 8. C
no 9. D
Penjelasan:
maaf kalo salah....
10. Apakah lawan kata sombong? (B. Indonesia - KD 3.8) umbuhan dan Hewan - Semester 1 1
Jawaban:
lawan kata sombong adalah rendah hati
Penjelasan:
semoga membantu jadikan jawaban tercerdas ya kak kalo bisa
Jawaban:
rendah diri/baik hati...
11. Apakah pembelajaran portofolio bisa dilakukan di semua kd dikelas 4 5 dan 6?
Jawaban:
ya pasti
Penjelasan:
karena sesuai kurikulum guru serts mapel
12. KD 3.12 tentukan besar di bawah ini dengan ABTentukan besar setiap sudut yang terbentuk pada gambarsebagai garis utama!Jawab:Parsada - Matematika / Kelas 4 - Semester GenapER
Jawaban:
gambarnya mana sayang??
13. KD 3.1 tema 1 kelas 6 apa
Jawaban:
Selamatkan makhluk hidup
Penjelasan:
maafkalosalah^_^
Jadikanjawabantercerdas×folowkuy....:)
[tex]by \: nasafara449[/tex]
14. knp KD mau dijadikan budak di mana saja di mana Anda berasal dari orangnya ramah ini lanjutannya IPA kelas XII semester gasal kelas yang murah dan gaya hidup Ikam gasan Muha ini
Jawaban:
gambut kan sama
15. Memahami variasi gerak dasar lokomotor,nonlokomotor,dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh,ruang,usaha,dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana atau tradisional* kelas 4 semester 1 pelajaran pjok kd.3.1
Jawaban:
Dalam pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK), kita mendapatkan materi tentang pengertian gerak dasar lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif.
Gerak lokomotor adalah gerakan berpindah tempat, di mana bagian tubuh tertentu bergerak atau berpindah tempat.
Misalnya gerakan berjalan, berlari, melompat, memanjat dan merayap.
Nah, kalau gerakan non lokomotor adalah gerakan yang tidak disertai dengan perpindahan tempat.
Misalnya gerakan membungkuk, memutar, menendang, menghindar, meliuk, dan mengayun.
Posting Komentar untuk "Pemetaan Kd Kelas 4 Semester 1"