Contoh Penilaian Psikomotorik
Jelaskan Apa hakikat penilaian psikomotorik? Tolong bantu yaa
1. Jelaskan Apa hakikat penilaian psikomotorik? Tolong bantu yaa
Hasil belajar siswa yang dapat dikelompokkan menjadi tiga ranah, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor.
maaf kalo salah
2. coba uraikan teknik penilaian seperti apa yang sesuai untuk ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik !
Jawaban:
1) Tingkat pengetahuan (knowledge), pada tahap ini menuntut siswa untuk mampu mengingat (recall) berbagai informasi yang telah diterima sebelumnya, misalnya fakta, rumus, terminologi strategi problem solving dan lain sebagianya.
2) Tingkat pemahaman (comprehension), pada tahap ini kategori pemahaman dihubungkan dengan kemampuan untuk menjelaskan
pengetahuan, informasi yang telah diketahui dengan kata-kata sendiri. Pada tahap ini peserta didik diharapkan menerjemahkan atau menyebutkan kembali yang telah didengar dengan kata-kata sendiri.
3) Tingkat penerapan (application), penerapan merupakan kemampuan untuk menggunakan atau menerapkan informasi yang telah dipelajari kedalam situasi yang baru, serta memecahlcan berbagai masalah yang timbuldalam kehidupan sehari-hari.
4) Tingkat analisis (analysis), analisis merupakan kemampuan
mengidentifikasi, memisahkan dan membedakan komponen-komponen atau elemen suatu fakta, konsep, pendapat, asumsi, hipotesa atau kesimpulan, dan memeriksa setiap komponen tersebut untuk melihat ada atau tidaknya kontradiksi. Dalam tingkat ini peserta didik diharapkan menunjukkan hubungan di antara berbagai gagasan dengan cara membandingkan gagasan tersebut dengan standar, prinsip atau prosedur yang telah dipelajari.
5) Tingkat sintesis (synthesis), sintesis merupakan kemampuan seseorang dalam mengaitkan dan menyatukan berbagai elemen dan unsur pengetahuan yang ada sehingga terbentuk pola baru yang lebih menyeluruh.
6) Tingkat evaluasi (evaluation), evaluasi merupakan level tertinggi yang mengharapkan peserta didik mampu membuat penilaian dan keputusan tentang nilai suatu gagasan, metode, produk atau benda dengan menggunakan kriteria tertentu.
Apabila melihat kenyataan yang ada dalam sistem pendidikan yang diselenggarakan, pada umumnya baru menerapkan beberapa aspek kognitif tingkat rendah, seperti pengetahuan, pemahaman dan sedikit penerapan. Sedangkan tingkat analisis, sintesis dan evaluasi jarang sekali diterapkan. Apabila semua tingkat kognitif diterapkan secara merata dan terus-menerus maka hasil pendidikan akan lebih baik.
Tabel Kaitan antara kegiatan pembelajaran dengan domain tingkatan aspek kognitif
3. Bagaimana penilaian Anda terhadap instrumen evaluasi pembelajaran yang telah anda buat dalam tugas mata kuliah evaluasi baik kognitif dan psikomotorik apa saja yang harus direvisi
Saya tidak memiliki informasi mengenai instrumen evaluasi pembelajaran yang Anda buat dalam tugas mata kuliah evaluasi baik kognitif dan psikomotorik. Tanpa melihat instrumen tersebut, saya tidak bisa memberikan penilaian atau saran untuk revisi.
Untuk menilai instrumen evaluasi pembelajaran, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, di antaranya:
Kecocokan dengan tujuan pembelajaran: pastikan bahwa instrumen evaluasi yang Anda buat sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Validitas: pastikan bahwa instrumen evaluasi yang Anda buat mampu mengukur apa yang seharusnya diukur, yaitu kompetensi yang ingin dicapai melalui pembelajaran.
Reliabilitas: pastikan bahwa instrumen evaluasi yang Anda buat memberikan hasil yang konsisten jika digunakan berulang kali dengan kondisi yang sama.
Kemudahan penggunaan: pastikan bahwa instrumen evaluasi yang Anda buat mudah digunakan oleh para penilai, baik dari segi penyusunan maupun pelaksanaan.
4. berikan contoh bakat manusia dalam bidang kinestetik/psikomotorik!
Bakat khusus kinestetik/psikomotorik, misalnya bakat dalam bidang sepakbola, bulu tangkis,tenis, dan keterampilan teknik.
5. makna psikomotorik adalah
berhubungan dengan aktivitas fisik,misalnya lari,melompat,melukis,menari,memukul dan sebagainya
6. apa itu kognitif, afektif, dan psikomotorik
Kognitif : berhubungan atau melibatkan kognisi sehingga berdasar kepada pengetahuan faktual yang empiris.
Afektif : berkenaan dengan perasaan sehingga mempengaruhi keadaan perasaan dan emosi
Psikomotorik : berhubungan dengan aktivitas fisik yang berkaitan dengan proses mental dan psikologi
7. Tugas Psikomotorik PPKN
Penjelasan:
ini tuganya sesuai daerah mu
8. apa yang di maksud Kognitif dan psikomotorik
Jawaban:
aspek kognitif merupakan aspek yang berkaitan dengan nalar atau proses berpikir, yaitu kemampuan dan aktivitas otak untuk mengembangkan kemampuan rasional. Psikomotorik adalah domain yang meliputi perilaku gerakan dan koordinasi jasmani, keterampilan motorik dan kemampuan fisik seseorang.
Jawaban:
pengertian kognitif
Kognitif yang berasal dari bahasa latin cognitio memiliki arti pengenalan, yang mengacu kepada proses mengetahui maupun kepada pengetahuan itu sendiri.
Dengan kata lain, aspek kognitif merupakan aspek yang berkaitan dengan nalar atau proses berpikir, yaitu kemampuan dan aktivitas otak untuk mengembangkan kemampuan rasional.
pengertian psikomotorik
Psikomotorik adalah domain yang meliputi perilaku gerakan dan koordinasi jasmani, keterampilan motorik dan kemampuan fisik seseorang. Keterampilan yang akan berkembang jika sering dipraktekkan ini dapat diukur berdasarkan jarak, kecepatan, kecepatan, teknik dan cara pelaksanaan.
9. Apa itu kognitif, afektif dan psikomotorik ?
Jawaban:
kognitif, afektif dan psikomotorik
Penjelasan:
kognitif, / pengetahuan (kemampuan berpikir pada manusia)
afektif / perasaan (kemampuan emosi manusia)
dan psikomotorik / perilaku (tindakan)
10. apa yang dimaksud psikomotorik?
psikomotorik merupakan yang berkaitan dengan keterampilan (skill) tau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu
maaf kalau salah
11. sebutkan contoh dari kognetif, afektik, dan Psikomotorik jawab:
Jawaban:
Contoh kognitif bisa ditunjukkan ketika seseorang sedang belajar, membangun sebuah ide, dan memecahkan masalah.
contoh afektif perasaan,minat,sikap,emosi,dan nilai.
contoh konatif melakukan sesuatu tindakan terhadap objek.
12. cari contoh dalam kehidupan sehari hari masing masing tiap kategori dari kognitif, afektif dan psikomotorik
1. KOGNITIF
Aspek kognitif menjadi aspek utama dalam banyak kurikulum pendidikan dan menjadi tolok ukur penilaian perkembangan anak. Kognitif yang berasal dari bahasa latin cognitio memiliki arti pengenalan, yang mengacu kepada proses mengetahui maupun kepada pengetahuan itu sendiri.
Dengan kata lain, aspek kognitif merupakan aspek yang berkaitan dengan nalar atau proses berpikir, yaitu kemampuan dan aktivitas otak untuk mengembangkan kemampuan rasional.
2. AFEKTIF
Ranah afeksi adalah materi yang berdasarkan segala sesuatu yang berkaitan dengan emosi seperti penghargaan, nilai, perasaan, semangat, minat, dan sikap terhadap sesuatu hal. Pada ranah afeksi, Bloom menyusun pembagian kategorinya dengan David Krathwol
3. PSIKOMOTORIK
Psikomotorik adalah domain yang meliputi perilaku gerakan dan koordinasi jasmani, keterampilan motorik dan kemampuan fisik seseorang. Keterampilan yang akan berkembang jika sering dipraktekkan ini dapat diukur berdasarkan jarak, kecepatan, kecepatan, teknik dan cara pelaksanaan.
semoga membantu :) kasih jawaban tercerdas ><follow ig @anep2376leo13. tiga unsur budaya politik,yaitu: a.kognitif,afektif,psikomotorik b.kognitif,afektif,evaluaif c.afektif,evaluatif,psikomotorik,evaluatif d.kognitif,akomodatif, e.kognitif,akomodatif,psikomotorik mana jawaban yang benar
c)afektif evaluatif psikomotorik evaluatif
14. contoh penilaian proyek sekolah dasar.Bagaimana penilaian proyek dan Apa contohnya
Jawaban:
contoh penilaian proyek dasar adalah:penilaian proyek merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yg harus diselesaikan.bagaimana penilaian proyek?penilaian proyek dilakukan mulai dari perencanaan,proses pengerjaan,sampai hasil akhir proyek.(dll.)Penjelasan:dan berikut contoh penilaian proyek sekolah dasar:*kemampuan pengelolaan*relevansi*keasliansemoga membantu15. Psikomotorik Bahasa Indonesia Tuliskan 3 contoh teks non fiksi!
Jawaban:
Buku ilmiah.
Biografi.
Esai.
Jurnal.
Skripsi.
Penerbitan akademik.
Makalah ilmiah.
Makalah akademik.
Jawaban:
1. Biografi
2. Esai.
3. Jurnal.
4. Penerbitan akademik.
Maaf kalau salah
Semoga membantu(^_^)
Posting Komentar untuk "Contoh Penilaian Psikomotorik"