Pertanyaan Tentang Balanced Scorecard
Balanced Scorecard membantu manajemen dalam menentukan tingkat pencapaian perencanaan strategik. Apa yang Anda ketahui mengenai balanced scorecard? Jelaskan dan berikan contoh kasus mengenai balanced scorecard di Indonesia.
1. Balanced Scorecard membantu manajemen dalam menentukan tingkat pencapaian perencanaan strategik. Apa yang Anda ketahui mengenai balanced scorecard? Jelaskan dan berikan contoh kasus mengenai balanced scorecard di Indonesia.
Jawaban:
Balanced scorecard adalah salah satu jawabannya. Balanced scorecard adalah sistem manajemen yang bertujuan untuk menerjemahkan tujuan strategis organisasi ke dalam serangkaian tujuan kinerja yang, pada gilirannya, diukur, dipantau, dan diubah jika perlu untuk memastikan bahwa tujuan strategis organisasi terpenuhi.
Penjelasan:
maaf kalau salah
2. Apa yang anda ketahui tentang balanced scorecard
Balanced scorecard adalah suatu konsep pengukuran kinerja bisnis yang menyeimbangkan pengukuran atas kinerja sebuah organisasi bisnis yang selama ini dianggap terlalu condong pada kinerja keuangan. Sebelum munculnya konsep balanced scorecard, yang umum dipergunakan dalam perusahaan selama ini adalah pengukuran kinerja tradisional yang hanya menitikberatkan pada sektor keuangan saja.
3. faktor pendukung kinerja balanced scorecard
Penjelasan:
keuangan, konsumen,internal perusahaan,dan adanya inovasi.
maaf ya kalo ada yang salah
4. Mengapa sumber manusia dikelompokkan sebagai lead indicator dalam kategori balanced scorecard dari kaplan dan norton.
Jawaban:
Karena Sumber Daya Manusia adalah penentu keberhasilan visi misi perusahaan
Penjelasan:
Walaupun visi misi suatu perusahaan bagus serta dilengkapi dengan peralatan canggih namun jika tidak memiliki SDM yang memadai mustahil tujuan perusahaan dapat tercapai. Oleh karena itu sumber manusia dikelompokkan sebagai lead indicator dalam kategori balanced scorecard dari kaplan dan norton.
5. Cara menghitung balance scorecard
Balanced Scorecard menyediakan suatu instrumen yang diperlukan untuk mengemudikan perusahaan menuju pada keberhasilan persaingan masa depan. Balanced Scorecard berusaha untuk menerjemahkan misi dan strategi perusahaan ke dalam seperangkat ukuran secara menyeluruh, yang memberi penekanan pada pencapaian tujuan keuangan dan juga membuat faktor pendorong tercapainya tujuan keuangan tersebut. Balanced Scorecard memberikan rangka komprehensif untuk menjabarkan misi ke dalam sasaran-sasaran strategi. Sasaran-sasaran tersebut dapat dirumuskan karena balanced scorecard menggunakan empat perspektif yaitu: keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Perspektif keuangan akan menilai sasaran keuangan yang perlu dicapai organisasi dalam mewujudkan visinya. Perspektif pelanggan memberikan gambaran segmen pasar yang dituju serta tuntutan kebutuhan mereka dalam upaya untuk mecapai sasaran keuangan tertentu. Perspektif proses bisnis internal memberikan gambaran proses yang harus dibangun untuk melayani pelanggan dan untuk mencapai sasaran keuangan tertentu. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan merupakan pemacu untuk membangun kompetisi personel, prasarana sistem informasi dan suasana lingkungan kerja yang diperlukan untuk mewujudkan sasaran keuangan, pelanggan, serta proses bisnis internal.
6. Contoh pendekatan Balanced Scorecard dalam suatu perusahaan?
Kesuksesan pada pendekatan balanced scorecard memungkinkan para manajer untuk menciptakan tujuan dalam kerangka kerja untuk bertindak,dengan kemajuan yg dpt dikaji secara rutin.
7. apa yang dimaksud penilaian kinerja atas dasar balanced scorecard
Penilaian Kinerja Atas Dasar Balanced Score Card adalah Penilaian Kinerja Berdasarkan Balanced Score Board (Papan Skor)
8. dalam perspektif pembelajaran dan pertumbuhan balanced scorecard yaitu kepuasan pekerja, retensi pekerja, produktivitas pekerja.apa yang diperlukan jika dikaitkan dengan perusahaan. kompetensi inti apa yang diperlukan agar perusahaan berdaya saing jangka panjang dalam persaingan ? menurut anda bagaimana dengan hal diatas.
Jawaban:
Membangun strategi inti adalah tentang bagaimana memilih langkah terbaik untuk dilakukan. Untuk itu, perlu diperhatikan sejumlah titik fokus untuk dijadikan perhatian utama dalam pendekatan strategi bisnis korporasi. Hal tersebut adalah;
sumber daya organisasi ; jenis produk, jumlah sumber daya, letak lokasi, asset kompetitif
kemampuan operasional ; kemampuan khusus, kompetensi inti, kemampuan kompetitif
Keunggulan kompetitif akan diperoleh oleh organisasi yang memiliki aset atau kemampuan khusus. Profitabilitas perusahaan ditentukan oleh jenis, jumlah, sumber daya, dan kemampuan yang telah ada. Namun demikian, mengelola secara strategis didasarkan pada sumber daya yang melibatkan bagaimana mengembangkan dan menggunakan sumber daya dan kemampuan khusus untuk membentuk kompetensi inti yang menjadi dasar keunggulan kompetitif perusahaan untuk memperoleh pengembalian di atas rata-rata (Prahalad dan Hamel, 1990).
9. apa yg dimaksud balance scorecard perspektif
konsep yang mengukur kinerja suatu organisasi dari empat perspektif yaitu perspektif finansial, perspektif customer, perspektif proses bisnis internal, perspektif tumbuhan dan pembelajaran
10. Jumlah pesanan yang dikirimkan per pekerja gudang setiap hari adalah metrik yang cenderung paling sering muncul dalam bagian balanced scorecard yang mana ? a. Inovasi dan pembalajaran b. Pelanggan c. Operasi internal d. Keuangan
Jumlah pesanan yang dikirimkan per pekerja gudang setiap hari adalah metrik yang cenderung paling sering muncul dalam bagian balanced scorecard yang mana ?
a. Inovasi dan pembelajaran
b. Pelanggan
c. Operasi internal
d. Keuangan
PembahasanBalanced scoredcared merupakan sebuah konsep pengukuran bisnis yang disesuaikan karena selama ini dianggap lebih condong pada kinerja keuangan dalam sebuah perusahaan.
Pengukuran kinerja perusahaan secara tradisional hanya berorientasi pada keuntungan jangka pendek saja, sehingga mengabaikan kelangsungan perusahaan. Pada saat ini pengukuran kinerja keuangan sudah tidak relevan lagi, Sehingga konsep balanced scoredcard muncul dan dikenalkan oleh oleh Robert S. Kaplan.
Ada 4 kinerja bisnis yang dapat diukur menggunakan balanced scoredcard secara umum antara lain yaitu :
Perspektif keuangan Perspektif pelanggan atau konsumen Perspektif proses internal bisnis Perspektif pembelajaran dan pertumbuhanPada persepektif keuangan ada 3 tahapan sasaran yang dituju yaitu :
Growth (bertumbuh) Sustain (bertahan) Harvest (Menuai)Persepektif pelanggan terdiri dari 5 komponen antara lain :
Market Share (pangsa pasar)Customer Retention (retensi pelanggan)Customer Acquisition (akuisisi pelanggan)Customer Satisfaction (kepuasan pelanggan)Customer Profitability (profitabilitas pelanggan)Dan pada proses bisnis internal ke dalam tiga tahapan, antara lain:
Proses inovasiProses Operasi Proses Pelayanan Purna JualPerspektif pembelajaran dan pertumbuhan (Learning & Growth Perspective) terdiri dari :
Kapabilitas pekerja Kapabilitas system informasi Motivasi, kekuasaan dan keselarasan Pelajari lebih lanjut1. Materi tentang sejarah akuntansi brainly.co.id/tugas/16722605
2. Materi tentang Prinsip entitas dalam akuntansi brainly.co.id/tugas/16630856
3. Materi tentang manfaat laporan keuangan brainly.co.id/tugas/14868532
------------------------------
Detil JawabanKelas : XII (3 SMA)
Mapel : Ekonomi
Bab : Akuntansi sebagai Sistem Informasi
Kode : 12.12.1
Kata Kunci : Balanced Scorecard, Operasi Internal.
11. 3. Sebutkan dan jelaskan komponen dari balanced scorecard!
Jawaban:
1. Komprehensif
Balanced Scorecard ini dapat memperluas perspektif yang dicakup dalam pengukuran kinerja, dari yang sebelumnya hanya terbatas pada perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.
2. Koheren
Balanced Scorecard yang mewajibkan tiap personel untuk membangun hubungan sebab akibat dari berbagai sasaran strategis yang dihasilkan dalam perencanaan strategis.
3. Seimbang
Keseimbangan antara keempat perspektif balanced scorecard yang bisa dihasilkan oleh sebuah sistem perencanaan strategis, sangat penting untuk menghasilkan kinerja keuangan berjangka panjang.
4. Terukur
Balanced Scorecard dapat mengukur sasaran strategis yang sulit diukur. Sasaran strategik di perspektif pelanggan, proses bisnis internal dan juga pembelajaran dan pertumbuhan merupakan sasaran yang tidak mudah terukur.
Penjelasan:
12. Bagaimana balanced scorecard dapat bermanfaat bagi manajemen dalam menentukan tingkat ketercapaian rencana startegik?
Jawaban:
Balanced Scorecard memungkinkan perusahaan untuk lebih menyelaraskan struktur organisasi mereka dengan tujuan strategis. ... Mengimplementasikan Balanced Scorecard ke dalam unit-unit tersebut akan membantu mencapai penyelarasan organisasi yang lebih baik, dan menyelaraskan strategi dan operasional.9 Nov 2018.
Penjelasan:
maaf klo salah yaa
13. Jelaskanlah kaitan antara Balanced Scorecard dengan Manajemen Strategi!
Jawaban:
Balanced Scorecard merupakan suatu sistem inti dalam manajemen strategis dalam menerjemahkan dan mengimplementasikan strategi dan tujuan perusahaan. Dalam manajemen strategis, Balanced Scorecard memiliki peranan dalam menciptakan dan memilih strategi, menerapkan serta mengevaluasi kinerja.
Penjelasan:
Manfaat Balanced Scorecard
Dengan balanced scorecard, perusahaan bisa merancang kerangka kerja yang kuat untuk membangun dan mengkomunikasikan strategi. Model bisnis divisualisasikan dalam peta strategi yang membantu manajer untuk berpikir tentang hubungan sebab-akibat antara beberapa tujuan strategis yang berbeda
14. Apa yang anda ketahui tentang balanced screcard dan berikan Contoh pendekatan Balanced Scorecard dalam suatu perusahaan?
Jawaban:
Balance Scorecard adalah metode pengukuran hasil kerja yang digunakan perusahaan. Pada dasarnya, Balance Scorecard (BSC) merupakan kartu berimbang yang digunakan sebagai media untuk mengukur aktivitas operasional yang dilakukan sebuah perusahaan.
Penjelasan:
15. Apa yang anda ketahui mengenai balanced scorecard? menurut anda apakah kerangka kerja tersebut merupakan satu-satunya yang dapat diandalkan?
Yang saya ketahui Balanced Scorecard adalah sebuah metode yang digunakan untuk pengukuran dan penilaian kinerja pada suatu perusahaan dengan mengukur dalam empat perspektif yakni perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis dan internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.
Pembahasan:
Dalam penukuran dan penilaian kinerja menggunakan kerangka kerja dari Balanced Scorecard tidak satu-satunya cara yang dapat diandalkan dalam melakukan penukuran dan penilaian kinerja dan juga dapat menggunakan konsep selain dari Balanced Scorecard, namun dalam melakukan penilaian dan pengukuran metode kerangka dari metode ini sangat direkomendasikan oleh untuk perusahaan-perusahaan.
Berikut ini adalah fungsi utama dari Balanced Scorecard adalah:
Melakukan komunikasi mengenai target yang perusahaan ingin capai.Menciptakan strategi untuk menyesuaikan tugas dan pekerjaan di setiap devisi.Menentukan setiap prioritas pada proyek, produk dan layanan perusahaan.Mengukur dan memantau perkembangan dan kemajuan dari strategi yang telah dilaksanakan.Pelajari lebih lanjut
Materi tentang Balanced Scorecard dapat disimak di https://brainly.co.id/tugas/14752005
#BelajarBersamaBrainly #SPJ1
Posting Komentar untuk "Pertanyaan Tentang Balanced Scorecard"