Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lembar Penilaian Psikomotorik


Lembar Penilaian Psikomotorik

Jelaskan Apa hakikat penilaian psikomotorik? Tolong bantu yaa

1. Jelaskan Apa hakikat penilaian psikomotorik? Tolong bantu yaa


Hasil belajar siswa yang dapat dikelompokkan menjadi tiga ranah, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor.



maaf kalo salah


2. coba uraikan teknik penilaian seperti apa yang sesuai untuk ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik !​


Jawaban:

1) Tingkat pengetahuan (knowledge), pada tahap ini menuntut siswa untuk mampu mengingat (recall) berbagai informasi yang telah diterima sebelumnya, misalnya fakta, rumus, terminologi strategi problem solving dan lain sebagianya.

2) Tingkat pemahaman (comprehension), pada tahap ini kategori pemahaman dihubungkan dengan kemampuan untuk menjelaskan

pengetahuan, informasi yang telah diketahui dengan kata-kata sendiri. Pada tahap ini peserta didik diharapkan menerjemahkan atau menyebutkan kembali yang telah didengar dengan kata-kata sendiri.

3) Tingkat penerapan (application), penerapan merupakan kemampuan untuk menggunakan atau menerapkan informasi yang telah dipelajari kedalam situasi yang baru, serta memecahlcan berbagai masalah yang timbuldalam kehidupan sehari-hari.

4) Tingkat analisis (analysis), analisis merupakan kemampuan

mengidentifikasi, memisahkan dan membedakan komponen-komponen atau elemen suatu fakta, konsep, pendapat, asumsi, hipotesa atau kesimpulan, dan memeriksa setiap komponen tersebut untuk melihat ada atau tidaknya kontradiksi. Dalam tingkat ini peserta didik diharapkan menunjukkan hubungan di antara berbagai gagasan dengan cara membandingkan gagasan tersebut dengan standar, prinsip atau prosedur yang telah dipelajari.

5) Tingkat sintesis (synthesis), sintesis merupakan kemampuan seseorang dalam mengaitkan dan menyatukan berbagai elemen dan unsur pengetahuan yang ada sehingga terbentuk pola baru yang lebih menyeluruh.

6) Tingkat evaluasi (evaluation), evaluasi merupakan level tertinggi yang mengharapkan peserta didik mampu membuat penilaian dan keputusan tentang nilai suatu gagasan, metode, produk atau benda dengan menggunakan kriteria tertentu.

Apabila melihat kenyataan yang ada dalam sistem pendidikan yang diselenggarakan, pada umumnya baru menerapkan beberapa aspek kognitif tingkat rendah, seperti pengetahuan, pemahaman dan sedikit penerapan. Sedangkan tingkat analisis, sintesis dan evaluasi jarang sekali diterapkan. Apabila semua tingkat kognitif diterapkan secara merata dan terus-menerus maka hasil pendidikan akan lebih baik.

Tabel Kaitan antara kegiatan pembelajaran dengan domain tingkatan aspek kognitif


3. Bagaimana penilaian Anda terhadap instrumen evaluasi pembelajaran yang telah anda buat dalam tugas mata kuliah evaluasi baik kognitif dan psikomotorik apa saja yang harus direvisi ​


Saya tidak memiliki informasi mengenai instrumen evaluasi pembelajaran yang Anda buat dalam tugas mata kuliah evaluasi baik kognitif dan psikomotorik. Tanpa melihat instrumen tersebut, saya tidak bisa memberikan penilaian atau saran untuk revisi.

Untuk menilai instrumen evaluasi pembelajaran, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, di antaranya:

Kecocokan dengan tujuan pembelajaran: pastikan bahwa instrumen evaluasi yang Anda buat sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Validitas: pastikan bahwa instrumen evaluasi yang Anda buat mampu mengukur apa yang seharusnya diukur, yaitu kompetensi yang ingin dicapai melalui pembelajaran.

Reliabilitas: pastikan bahwa instrumen evaluasi yang Anda buat memberikan hasil yang konsisten jika digunakan berulang kali dengan kondisi yang sama.

Kemudahan penggunaan: pastikan bahwa instrumen evaluasi yang Anda buat mudah digunakan oleh para penilai, baik dari segi penyusunan maupun pelaksanaan.


4. apa yang di maksud Kognitif dan psikomotorik​


Jawaban:

aspek kognitif merupakan aspek yang berkaitan dengan nalar atau proses berpikir, yaitu kemampuan dan aktivitas otak untuk mengembangkan kemampuan rasional. Psikomotorik adalah domain yang meliputi perilaku gerakan dan koordinasi jasmani, keterampilan motorik dan kemampuan fisik seseorang.

Jawaban:

pengertian kognitif

Kognitif yang berasal dari bahasa latin cognitio memiliki arti pengenalan, yang mengacu kepada proses mengetahui maupun kepada pengetahuan itu sendiri.

Dengan kata lain, aspek kognitif merupakan aspek yang berkaitan dengan nalar atau proses berpikir, yaitu kemampuan dan aktivitas otak untuk mengembangkan kemampuan rasional.

pengertian psikomotorik

Psikomotorik adalah domain yang meliputi perilaku gerakan dan koordinasi jasmani, keterampilan motorik dan kemampuan fisik seseorang. Keterampilan yang akan berkembang jika sering dipraktekkan ini dapat diukur berdasarkan jarak, kecepatan, kecepatan, teknik dan cara pelaksanaan.


5. Tugas Psikomotorik PPKN


Penjelasan:

ini tuganya sesuai daerah mu


6. makna psikomotorik adalah


berhubungan dengan aktivitas fisik,misalnya lari,melompat,melukis,menari,memukul dan sebagainya

7. tiga unsur budaya politik,yaitu: a.kognitif,afektif,psikomotorik b.kognitif,afektif,evaluaif c.afektif,evaluatif,psikomotorik,evaluatif d.kognitif,akomodatif, e.kognitif,akomodatif,psikomotorik mana jawaban yang benar


c)afektif evaluatif psikomotorik evaluatif

8. Sebutkan faktor-faktor psikomotorik​


Jawaban:

Faktor-faktor Perkembangan aspek psikomotorik :

1. Faktor pola asuh orang tua.

2. Gen dari orang tua.

3. Pengaruh lingkungan.

4. Interior ruang belajar mempengaruhi peningkatan potensi psikomotorik anak.

maaf jika salah


9. apa itu kognitif, afektif, dan psikomotorik


Kognitif : berhubungan atau melibatkan kognisi sehingga berdasar kepada pengetahuan faktual yang empiris.
Afektif : berkenaan dengan perasaan sehingga mempengaruhi keadaan perasaan dan emosi
Psikomotorik : berhubungan dengan aktivitas fisik yang berkaitan dengan proses mental dan psikologi

10. Apa itu kognitif, afektif dan psikomotorik ?


Jawaban:

kognitif, afektif dan psikomotorik

Penjelasan:

kognitif, / pengetahuan (kemampuan berpikir pada manusia)

afektif / perasaan (kemampuan emosi manusia)

dan psikomotorik / perilaku (tindakan)


11. domain tertinggi dalam domain psikomotorik adalah


Taksonomi Bloom

Taksonomi berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani yaitu tassein yang berarti mengklasifikasi dan nomos yang berarti aturan. Jadi Taksonomi berarti hierarkhi klasifikasi atas prinsip dasar atau aturan. Istilah ini kemudian digunakan oleh Benjamin Samuel Bloom, seorang psikolog bidang pendidikan yang melakukan penelitian dan pengembangan mengenai kemampuan berpikir dalam proses pembelajaran.

12. apa yang dimaksud psikomotorik?


psikomotorik merupakan  yang berkaitan dengan keterampilan (skill) tau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu
maaf kalau salah

13. pengertian afektif,kognitif,psikomotorik


Afektif adalah ranah yang mencakup kegiatan mental.
Kognitif adalah ranah yang mencakup nilai-nilai dan sikap.
Psikomotorik adalah ranah yang mencakup keterampilan dan kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu.

14. lembar penilaian sikap ppkn kelas 9 halaman 28​


Lembar penilaian sikap adalah salah satu bentuk instrumen penilaian diri sendiri yang diberikan pada siswa. Untuk mengisi lembar penilaian sikap pada mata pelajaran PPKn, kita harus menjawabnya dengan mengisi satu tanda centang pada kolom skor di masing-masing pertanyaan. Dalam lembar penilaian sikap, tidak ada jawaban benar dan salah. Kita tinggal menjawabnya dengan percaya diri sesuai dengan pengalaman dan kondisi diri sendiri.

Pembahasan

Lembar penilaian sikap adalah jenis instrumen penilaian non-tes yang diberikan pada siswa untuk mengevaluasi diri sendiri. Kita diminta untuk menyatakan sikap kita terhadap suatu hal dengan mengisikan tanda centang pada kolom yang sesuai.

Biasanya, pada lembar penilaian sikap, skala yang digunakan adalah:

1 = sangat setuju/selalu2 = setuju/sering3 = tidak setuju/jarang4 = sangat tidak setuju/tidak pernah

Namun, skala tersebut bervariasi tergantung pembuat instrumen. Sehingga, sebelum mengisi, kita harus membaca petunjuk pengisian terlebih dahulu dengan hati-hati.

Berikut adalah contoh cara pengisian lembar penilaian sikap PPKn di atas:

Pernyataan: Saya berdoa sebelum melakukan kegiatan.

Jika kita selalu berdoa sebelum melakukan kegiatan, maka kita harus mencentang di kolom nomor 1. Jika kita jarang berdoa sebelum berkegiatan, maka kita harus mencentang di nomor 3.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang penilaian sikap https://brainly.co.id/tugas/38094527Materi tentang pokok pikiran dan sikap positif https://brainly.co.id/tugas/32183002Materi tentang penanaman sikap https://brainly.co.id/tugas/9323533

Detail jawabanKelas : 8

Mapel : PPKn

Bab : Penilaian Sikap

Kode : -

#TingkatkanPrestasimu #SPJ3


15. LEMBAR KERJA PENILAIAN IPA KD. 4.8 Barang yang volgenda


Jawaban:

maaf pertannyannya terlalusingkat dan kurang jelas untuk di pahami


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Lembar Penilaian Psikomotorik"